Hendropriyono: Jangan Biarkan Al Qaeda Lakukan Konsolidasi

Hendropriyono: Jangan Biarkan Al Qaeda Lakukan Konsolidasi
 
Jakarta - Untuk sementara waktu ini, aktivitas kelompok teroris dunia Al Qaeda akan terhenti dengan tewas pimpinanya Osama bin Laden atau yang bernama asli Usamah bin Muhammad bin Awaid bin Ladin oleh pasukan Amerika Serikat. Namun begitu, gerakan Al Qaeda jangan diberi ruang untuk melakukan konsolidasi dan memberikan aksi balasan.

"Dengan kematian Osama bin Laden memang untuk sementara akan menghentikan aktivitas Al Qaeda. Tapi kalau itu hanya berhenti di situ, bila aparat intelijen dan militer tidak terus menekan kelompok ini, Al Qaeda akan punya pengganti Osama yang akan melakukan konsolidasi," kata mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen (Purn) Abdullah Makhmud Hendropriyono kepada detikcom di Jakarta, Senin (2/5/2011) malam.

Oleh karena, itu pihak militer dan intelijen baik AS, Pakistan dan negara lainnya harus terus melakukan pengejaran-pengejaran dan terus mempersempit gerakan Al Qaeda. "Jadi jangan berhenti mengejar yang lainnya. Jangan berikan ruang gerak lagi. Sebab, kalau pengganti Osama sampai melakukan konsolidasi jaringannya. Diprediksikan aksi balasan pada bulan September mendatang akan terjadi," ungkapnya.

Indonesia, menurut Hendropriyono juga harus ekstra waspada dan tidak boleh lengah akan kemungkinan munculnya solidaritas dan rasa simpati yang emosional dari kelompok radikal dan teroris. "Walau sifatnya kelompok teroris Indonesia itu jaringan lokal, harus diwaspadai juga akan adanya aksi itu. Jaringan teroris dan radikal di Indonesia memang selama ini tidak atau bukan jaringan yang memiliki hubungan langsung denga Al Qaeda," terangnya.

Diakui Hendropriyono, selama ini jaringan terorisme Indonesia selalu dikaitkan dengan Al Qaeda karena sosok Hambali, buronan teroris yang diduga berada di luar negeri. Ia juga menilai tidak mungkin Osama bisa atau mau menemui orang sembarangan walau itu kelasnya teroris seperti Umar Patek.

"Osama selama ini dikenal kalau menemui orang tidak di sarangnya, tapi mencari tempat jauh dari sarangnya. Tapi tidak mungkin juga ketemu Umar Patek yang bukan levelannya itu. Itu naif sekali," ucapnya.

Hendropriyono juga menambahkan, kemungkinan selama ini Osama sudah ditangkap dan dibunuh karena mendapatkan perlindungan orang-orang tertentu di intelijen dan militer Pakistan. "Ya kalau sekarang itu bisa dilakukan, kemungkinan orang itu juga bermain dengan intelijen dan militer setempat," pungkasnya.

0 Response to "Hendropriyono: Jangan Biarkan Al Qaeda Lakukan Konsolidasi"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme